Hardware PC

Apa Itu CPU Dan Kegunaan CPU Cooler

Apa Itu CPU Dan Kegunaan CPU Cooler

CPU yang merupakan singkatan dari principal Processing Unit adalah sebuah komponen perangkat keras atau perangkat keras pengolah records utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak dari komputer karena CPU mengatur segala aktivitas dan menjalankan semua software termasuk aplikasi atau software program di dalamnya.

APA ITU CPU DAN CPU COOLER

Komponen CPU

Sebuah CPU setidaknya memiliki “prosesor” atau chip yang tertanam di dalamnya yang berfungsi dalam proses perhitungan komputer. Namun, perkembangan teknologi yang pesat juga memungkinkan sebuah CPU memiliki lebih dari satu prosesor atau yang disebut juga dengan “inti prosesor”.

Apa Fungsi CPU?

Tujuan dari setiap komputer adalah untuk melakukan beberapa bentuk pemrosesan records. CPU mendukung pemrosesan facts dengan melakukan pengambilan, pengkodean, dan menjalankan fungsi pada instruksi yang diprogram.

Fungsi Siklus Instruksi CPU

Ketika sebuah application berjalan di komputer, instruksi disimpan dalam memori komputer sampai dieksekusi. CPU menggunakan penghitung application untuk mengambil instruksi berikutnya dari memori, di mana ia disimpan dalam layout yang dikenal sebagai kode perakitan.

Hal yang Perlu Anda Ketahui: Pendingin CPU

Seperti yang kita ketahui, Pendingin CPU merupakan perangkat penting untuk mendinginkan prosesor, terutama untuk menarik panas dan mengeluarkannya. Alhasil, suhu akan tetap stabil dan bisa berada dalam kondisi terbaik saat bekerja, termasuk meningkatkan efisiensi.

Nah, ada dua pilihan CPU Cooler yang sudah beredar di pasaran saat ini menurut https://vannfamilydental.com/, yakni air-primarily based cooler alias Air Cooler dan Liquid Water Cooling alias pendingin yang menggunakan media cair untuk menangani panas yang dikeluarkan prosesor.

Berikut saya coba berikan data penggunaan water cooling radiators untuk CPU/GPU di laptop

Keuntungan dari radiator pendingin air:

  • Dimensi ringkas tidak memakan banyak ruang di casing computer
  • Panas dari CPU/GPU dapat dengan cepat dibuang ke bagian luar casing computer
  • Bobot lebih ringan dari HSF dengan TDP yang sama
  • Bentuknya lebih dinamis dan lebih elegan dari HSF
  • Kompak pendingin air menggunakan pendingin air yang sama dengan yang digunakan untuk kendaraan
  • Proses pendinginan lebih instan karena kecepatan kipas PWM akan langsung naik untuk membuang panas langsung di luar casing laptop

Pendingin berbasis udara alias Air Cooler biasanya memiliki banyak macam varian, dimana pilihan termurah terkadang sudah tersedia atau sudah disediakan oleh produsen prosesor yang biasa disebut dengan inventory cooler. Opsi ini pada dasarnya cukup, jika Anda menggunakannya secara ordinary.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.